Wisata yang Rancak Bana di Sumatera Barat

Berbicara tentang Sumatera Barat yang memiliki ibu kota bernama Padang ini pasti lebih identik dengan makanan terutama rending. Semua masakan padang memang sangat lezat namun tahukah Anda bahwa Sumatera Barat juga memiliki banyak tempat wisata yang memesona? Jika belum tahu maka simak terus artikel ini sampai selesai. Daerah di Sumatera Barat yang paling banyak memiliki tempat wisata adalah Bukittinggi.

Wisata Alam di Sumatera Barat

Satu hal yang mencolok dari daerah ini adalah daerah ini termasuk promotor wisata halal dunia pada tahun 2016. Kota Padang sedang melakukan perbaikan untuk menyajikan wisata halal terbaik bagi para wisatawan. Fasilitas penyokong wisata halal adalah ketersediaan restoran halal sebagai tujuan kuliner dan hotel sebagai tempat penginapan. Berikut ini akan diceritakan beberapa objek wisata unggulan di Sumatera Barat.

  • Danau Di Atas dan Di Bawah

wisata danau diatas danau dibawah

@habib_shunchase

Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Danau ini berlokasi di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok. Dua danau ini berjarak kurang lebih 47 kilometer dari Solok dan 56 kilometer dari Padang. Untuk menuju Danau Di Atas, wisatawan harus melalui jalan yang menurun, sedangkan untuk menuju Danau Di Bawah, pengunjung justru  harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau juga ditanami pohon buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang. Benar-benar danau yang indah untuk dikunjungi. Danau Kembar menyuguhkan panorama yang indah dengan latar pegunungan yang dibalut kabut dan udaranya sangat sejuk. Keunikan danau ini ada pada letaknya sehingga dinamakan danau di atas dan di bawah. Letak salah satu danau lebih tinggi dari danau lainnya. Namun ternyata danau yang lebih tinggi bernama Danau Di Bawah sementara yang lebih rendah disebut Danau Di Atas. Sangat unik bukan?

danau kembar solok sumatera barat

@hafiztravoll

Belum banyak orang yang mengunjungi danau kembar yang indah ini padahal banyak hal menarik yang bisa dijelajahi di sini. Jika suka memancing maka bisa memancing di sini. Para pengunjung bisa memandangi Gunung Api Talang yang masih aktif namun bentuknya indah. Danau ini cukup mudah untuk didatangi dengan berpatokan pada pusat kota Padang. Jaraknya sekitar 65 km yang butuh sekitar 1 jam naik kendaraan menuju Solok. Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan fantastis seperti perbukitan, hutan, jurang yang curam hingga hamparan perkebunan teh.

  • Pulau Cubadak

Wisata Pulau Cubadak Sumatera

@deriafhan

Pulau Cubadak terletak di kawasan Mandeh, Pesisir Selatan yang telah dikelola menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia. Resor ini memiliki 13 bungalow dan satu suite dengan pemandangan alam yang menawan dan dilengkapi pula oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan divingsnorkeling dan memancing. Resor juga dilengkapi dengan motor boat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya. Pulau ini dijuluki Paradiso Village karena pulau ini sangat indah bagaikan surga. Pulau Cubadak merupakan pulau bekas kawah yang memiliki luas sekitar 40km persegi. Sebelum dibangun resort Paradiso Village, Pulau Cubadak lokasinya terpencil sehingga nyaris tak terjamah oleh banyak orang sehingga masih virgin. Pulau ini tak berpenghuni dan hanya menjadi tempat singgah para pelayan. Masyarakat setempat tidak mengelola pulai ini sehingga sebagian Pulau Cubadak dikelola pihak asing.

  • Lembah Anai

Wisata Lembah Anai Sumatera

@rancakbana_

Lembah Anai merupakan maskot wisata Sumatera Barat. Panorama alam yang memukau serba hijau tentunya akan memanjakan mata dan membuat pikiran lebih jernih akibat banyaknya rutinitas sehari-hari. Lembah dengan pepohonan yang lebat disertai udara yang sejuk membuat tempat ini selalu membuat betah. Lembah Anai membuktikan keindahan Bukittinggi itu nyata. Lokasinya yang sangat mudah untuk ditemukan karena berada di bahu jalan sehingga membuat orang-orang yang berlalu lalang bisa melihat keindahan air yang tertumpah dari tebing tinggi ini tanpa harus benar-benar datang ke area.

Banyak pengemudi yang berhenti sejenak untuk istirahat dengan menikmati keindahan Air Terjun Lembah Anai ini. Air Terjun ini termasuk wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar yang mudah untuk dikunjungi. Namun belum banyak orang yang tahu bahwa air terjun ini salah satu dari tujuh air terjun yang ada di kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Untuk eksplorasi air terjun lainnya maka Anda harus menempuh perjalanan dengan melakukan trekking selama sekitar 2 jam. Kekaguman akan semakin bertambah saat melihat bentang alam yang mengelilingi air terjun indah ini. Deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang menjadi pelindung alami air terjun setinggi kurang lebih 35 meter ini. Ada penghias panorama lainnya yakni rangkaian rel kereta tua yang berkelok di atas jalan raya tak jauh dari lokasi air terjun.

  • Danau Maninjau

Wisata Danau Maninjau Sumatera

@mridwanfajarilahi4

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini  bisa ditempuh dari beberapa tempat dengan jarak yang berbeda-beda yaitu sekitar 140 kilometer dari Padang, 27 kilometer dari Lubuk Basung atau 36 kilometer dari Bukittinggi. Danau Maninjau ini sangat terkenal dan menjadi ikon Sumatera Barat bersama dengan Danau Singkarak. Danau Maninjau bisa dikunjungi melalui 2 jalur. Pertama, datanglah dari arah Kota Padang atau Lubuk Basung. Kedua, datanglah dari arah Bukittinggi dengan perjalanan yang jauh lebih menarik karena pemandangannya sangat indah di sepanjang jalan  berkelok bernama Kelok 44. Danau Maninjau terletak pada ketinggian 461,5 meter dari permukaan laut. Tak ayal udara di sini sangat sejuk dan menyegarkan. Danau Maninjau masih alami dengan hiasan aneka pepohonan lebat sehingga cocok dikunjungi oleh orang yang ingin rileks dan mencari ketenangan jiwa.

  • Danau Singkarak

Ikon Sumatera Barat yang satu ini sudah dikenal oleh banyak orang terutama berkat adanya “tour de Singkarak” yang fenomenal. Untuk menuju ke Danau Singkarak dari Danau Maninjau harus melewati kota Bukittinggi dengan kendaraan umum jurusan Maninjau – Bukittinggi seharga Rp 25 ribu per orang dan turun di terminal  Bukittinggi. Dilanjutkan dengan naik angkot jurusan Bukittinggi – Solok yang rutenya memang melintasi Danau Singkarak. Namun untuk lebih mudah eksplorasi Bukittinggi harus sewa kendaraan seperti mobil atau motor agar lebih efisien waktu.

Wisata Danau Singkarak Sumatera

@ghaardi

Eksplorasi objek wisata alam akan semakin membahagiakan jika dilengkapi dengan wisata kuliner. Sumatera Barat memiliki banyak jenis makanan yang sangat lezat seperti dendeng balado, rending yang fenomenal, sate dan soto Padang serta masih banyak jenis lainnya. Pastikan perut Anda kenyang agar bisa mengeksplorasi banyak tempat dan kuat untuk menempuh berbagai perjalanan. Sebagian besar objek wisata di sana memang butuh stamina yang optimal karena harus treking atau berjalan kaki yang cukup jauh. Jika hobi fotografi maka cobalah untuk cari spot menarik dari setiap tempat yang tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang sehingga Anda akan mendapatkan foto-foto yang luar biasa. Selamat eksplorasi Sumatera Barat, Rancak Bana!

Tinggalkan komentarmu disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.